Ali Bicara Maut

mayat1SUATU hari Ali melalui suatu kuburan seraya ia berkata : “Semoga kedamaian dicurahkan padamu wahai penghuni rumah sunyi, tempat duka nestapa, kalian telah mendahului kami, kami pasti akan menyusul, tak lama lagi kita akan berjumpa. Ya Allah ampunilah kami dan juga mereka, Ya Allah hapuskanlah kesalahan – kesalahan kami dan juga mereka”

 

Berbahagialah orang yang senantiasa mengingat maut, lalu ia beramal untuk menghadapi hari perhitungan, kemudian beliau menlanjutkan :

“Wahai para penghuni kubur Istri – istri mu telah dinikahi orang, rumah – rumah mu telah dihuni, harta kekayaanmu telah dibagi – bagi, itulah berita yang dapat kami sampaikan kepadamu, lalu kabar apa yang ada padamu?

Kenapa kalian tak juga bicara, kenapa kalian membisu seribu bahasa, lalu beliau menengok kepada kawan – kawan Ali. Seandainya mereka berbicara niscaya mereka akan mengatakan, telah kami temui di sini bahwa bekal yang paling baik hanyalah takwa lalu beliau dalam sahabat – sahabatnya menangis.

Saudaraku jangan terpedaya dengan bisunya para penghuni kubur. Setiap jiwa dihisap di dalamnya, berapa banyak yang merasakan malapetaka di dalamnya, berapa banyak yang disiksa di dalamnya, berapa banyak kubur yang menghimpit penghuninya, hingga tulang belulangnya hancur luluh, andai kubur itu mampu berbicara niscaya ia akan berkata :

“Aku rumah yang sarat malapetaka, aku rumah gulita, aku rumah kesendirian, aku rumah yang sepi, aku rumah keterasingan, aku rumah tanah pengap, aku rumah cacing – cacing tanah dan kenistaan.

Aku mencopot telapak tangan dari pangkal lengannya, aku memisahkan paha dari lututnya, lutut dari betisnya, betis dari telapak kakinya. Andai kalian lihat orang berbaring di pangkuanku setelah 3 hari, niscaya engkau takut melihatnya, bola matanya keluar di pipi, kedua bibirnya terpisah dari gigi, nanah dan darah, mengalir dari kerongkongan dan mulut, perut menggembung, dada membusung, semoga Allah merahmatimu”

©Anonim’2008

~ by secangkirkopipagi on August 9, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: