Bekal Diri

Sebatang anak tangga bukanlah sebagai tempat istirahat sebelah kaki si pemanjat, tetapi sekadar tempat berpijak sejenak, cukup untuk meletakkan kaki sebelah pada tempat yang lebih tinggi. (Thomas Henry Huxley)

Kesuksesan itu suatu perjalanan, bukan tempat tujuan – separuh dari kesenangan terdapat di tengah perjalanan menuju ke sana. (Gita Bellin)

Kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki. (Mahatma Gandhi)

Setelah menuruni lembah yang terdalam barulah anda dapat menilai keindahan gunung yang tertinggi. Tatkala murung, keunggulan anda terlihat, kentara, teruji.

Anda memerlukan sebanyak mungkin ‘pengalaman pahit’ untuk melahirkan keunggulan. (Richard Nixon)

Kita lebih banyak mendapat kebijaksanaan daripada kegagalan yang sebanding dengan kesuksesan. Kita sering mengetahui apa yang akan kita buat, dengan menentukan apa yang tidak akan kita buat. Orang yang tidak pernah membuat kesalahan, mereka tidak pernah membuat penemuan. (Samuel Smiles)

Kegagalan sering bertutur kepada kita dalam “bahasa bisu” yang tidak kita pahami. Jika tidak benar, kita tidak akan membuat kesalahan yang sama berulangkali tanpa mendapat faedah dari pelajaran yang ia ajarkan. Jika tidak benar, kita akan memperhatikan dengan lebih teliti kesalahan yang telah dibuat orang lain dan mendapat faedah darinya.

Kita kehilangan daya saing akibat tidak pernah mengalami kesalahan … Anda mungkin tersandung hanya jika bergerak. (Roberto Goizueta)

Perjuangan itu kesempatan. (Napoleon Hill)

Kegagalan dari satu sisi merupakan jalan besar menuju kejayaan, seperti setiap penemuan sesuatu yang membuat kita mencari dengan tekun apa yang benar, dan setiap pengalaman baru menunjukkan kesalahan yang harus kita hindari. (Keats)

Jika anda telah mencoba dan menemui kegagalan; jika anda telah merancang dan menyaksikan rancangan anda hancur di depan mata; ingat saja bahwa tokoh-tokoh besar dalam sejarah semuanya menjadi besar karena keberanian, dan keberanian, tahukah anda, lahir dalam buaian kesusahan.

Tiap orang mempunyai bakat. Apa yang kurang adalah keberanian untuk mengantar bakat ke tempat gelap yang dituju. (Enica Jang)

Hidup bagaikan pengembaraan yang mencekam dan berbahaya ataupun bukan apa-apa. (Hellen Keller)

Terdapat resiko dan biaya yang tinggi bagi setiap tindakan, tetapi jauh lebih sedikit daripada resiko dan biaya jangka panjang bagi orang yang hanya berpangku tangan. (JFK)

Banyak cara menjadi orang gagal, tetapi tidak mengambil resiko adalah cara paling sukses untuk menjadi orang gagal.

Jika anda masih belum pernah gagal lagi, demi kebaikan pekerjaan barangkali anda perlu mengalaminya. (Reader’s Digest)

Kesangsian merupakan pengkhianat dan membuat kita kehilangan kebaikan yang mungkin kita peroleh. Ia membuat kita takut mencoba. (W. Shakespeare)

Janganlah kamu menilai mereka yang mencoba, dan gagal. Tetapi nilailah mereka yang gagal mencoba.

Satu-satunya orang yang tidak membuat kesalahan adalah orang yang tidak berbuat apa-apa. Jangan takut kepada kesalahan, dengan syarat anda tidak mengulangi kesalahan yang sama. (Roosevelt)

Lebih baik berani mencoba tantangan, mencari kemenangan besar walaupun dihantui kegagalan, daripada duduk bengong seperti orang tidak bersemangat yang tidak gembira dan menderita karena hidup dalam dunia yang tidak mengenal menang ataupun kalah. (Roosevelt; 1858-1919)

Muda atau tua tidak bergantung pada tanggal dalam suatu masa, tetapi keadaan jiwa. Tugas kita bukan menambah usia pada kehidupan, tetapi menambah kehidupan pada usia… (Myron J. Taylor)

Tidak ada orang bijaksana berangan-angan menjadi muda kembali. (Jonathan Swift)

Sebenarnya saya ini tidak tua, hanya dilahirkan lebih awal dari orang lain. (Tun Abdul Ghaffar Baba)

Kadangkala hidup itu keras, sekeras baja. Hidup mempunyai masa suram dan menyiksa. Bagaikan air tetap mengalir di sungai, hidup juga mempunyai musim kemarau dan musim hujan. Seperti musim yang senantiasa berubah, hidup mempunyai kehangatan, musim panas yang menyegarkan dan kesejukan musim dingin yang menusuk…

Tetapi kita berupaya bangkit kembali dari kecewa ke gembira dan mengubah penderitaan yang gelap gulita dan sunyi sepi menjadi jalan terang benderang menuju ke arah ketengangan jiwa. (Martin Luther King Jr.)

Rahmat penderitaan terletak pada peranannya untuk mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Untuk mengajarkan kita menjadi gagah tatkala kita lemah. Menjadi beranilah ketika kita takut. Menjadi bijaksana di tengah-tengah kabut. Dan melepaskan apa yang tidak mampu lagi kita pegang – seperti kenangan tentang seseorang yang pernah menghias kalbu, yang tidak di sini atau di sana. (film Heaven and Earth)

Salah satu sifat kita yang teraneh terletak pada hakikat bahwa kita memerlukan tragedi, kegagalan, atau nasib malang lain agar kita menyadari kekuasaan sikap mental positif (possitive mental attitude).

Pendidikan adalah suatu usaha yang ditujukan untuk melayani dan memelihara pertumbuhan jiwa, hati, perasaan, dan budi pekerti. Pengajaran merupakan tuntunan dan dorongan dalam pertumbuhan kekuatan otak, kecerdasan akal, dan pikiran. (Frend dan Adler)

Gagal merencanakan/mempersiapkan berarti merencanakan/mempersiapkan gagal.

Siapa yang hanya membuat rencana adalah tukang mimpi, siapa yang hanya bekerja adalah budak pekerjaan. Tetapi siapa bekerja menurut rencana itulah yang akan

menjadi pemenang. (Aa Gym)

~ by secangkirkopipagi on September 19, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: