Tenzing Norgay : Man From Himalaya

tenzing-norgayDUNIA mungkin tidak mengenal siapa Tenzing Norgay.  Dia adalah sebuah nama.  Nama yang mungkin terlupakan karena sosok Edmund Hillary? Siapa Edmund Hillary? Apa yang pernah dilakukannya?

Edmund Hillary yang kemudian mendapat gelar Sir dari Ratu Elizabet II dari Inggris adalah seorang pendaki gunung yang berhasil menaklukkan dan menginjakkan kakinya untuk pertama kalinya di puncak gunung tertinggi di dunia, Mount Everest.

Sementara Tenzing Norgay adalah seorang penduduk asli Nepal yang bertugas sebagai Sherpa atau pemandu jalan bagi pendaki gunung yang berniat untuk mendaki puncak Gunung Everest.  Pada tanggal 29 Mei 1953 jam 11.30, Tenzing Norgay memandu Sir Edmund Hillary untuk mendaki gunung Gunung Everest. Bahkan, Tenzing pulalah yang mengantarkan Sir Edmund Hillary menaklukkan ketinggian 29,028 kaki di atas permukaan laut itu, dan menjadi orang pertama yang kemudian menjadi inspirator bagi pendaki-pendaki gunung yang lain untuk mengikuti jejak dianya.

Pada rentang waktu 1920 sampai 1952, tujuh tim ekspedisi yang berusaha untuk menaklukkan puncak Gunung Everest mengalami kegagalan.  Keberhasilan Sir Edmund Hillary pada saat itu sangatlah fenomenal mengingat baru berakhirnya perang dunia II.  Karenanya, pertasi dia menjadi semacam inspirator dalam membangkitkan kembali kepercayaan diri bagi seluruh dunia setelah porak poranda akibat perang tersebut.

Namun, benarkan Sir Edmund Hillary hanya seorang diri dalam mencapai prestasi tertinggi di dunianya itu? Dibalik keberhasilannya, Tenzing Norgay memiliki peranan yang sangat besar. Namun, mengapa Tenzing Norgay tidak seterkenal Sir Edmund Hillary? Padahal atas petunjuknyalah Sir Edmund Hillary mampu berdiri di atas puncak tertinggi di dunia itu.  Logikanya, sebagai Sherpa, Tenzing tentulah orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Everest, bukan Sir Edmund Hillary.

Sesaat setelah keduanya turun dari puncak gunung Everest, semua wartawan langsung  mengejar dan berebut untuk mewawancarai langsung Sir Edmund Hillary, dan hanya seorang wartawan yang mendekati Tenzing Norgay untuk mewawancarinya :

Wartawan : Bagaimana perasaan anda atas keberhasilan menaklukkan puncak Gunung Everest

Tenzing Norgay : Tentu sangat senang dan bangga

Reporter : Anda kan seorang Sherpa (pemandu) bagi Edmund Hillary, tentu saja posisi anda berada di depan dia, bukankah seharusnya anda menjadi orang pertama yang menginjakki puncak Gunung Everest itu?”

Tenzing Norgay : Ya, benar. Namun, pada saat tinggal selangkah lagi, saya mempersilakah dia untuk menjejakkan kakinya. dan menjadi orang pertama pendaki Gunung Everest.

Reporter: “Kenapa begitu?

Tenzing Norgay : Karena itu adalah impiannya, bukan impian saya. Impian saya hanyalah berhasil mengantar dan membantunya mengapai impiannya.

Anonim’2010

~ by secangkirkopipagi on May 31, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: