Mengenal Karakter Lewat Facebook

HAMPIR setiap hari sebagian besar penduduk negeri ini selalu menyisihkan waktunya untuk online di Internet, atau sekedar melihat status facebook mereka.  Tidak mengherankan memang, soalnya Indonesia tercatata sebagai negara terbesar pertama jumlah pemakai facebook-nya di Asia Tenggara.

Tapi, tahukah anda bahwa ternyata dengan membaca status facebook seseorang sebenarnya secara tidak langsung kita bisa mengetahui tipe atau karakteristik dari orang tersebut (meskipun belum ada penelitian sih).  Berikut ini ciri-ciri kepribadian berdasarkan status faebooknya menurut Prof. Shecxt Kolhichythreskhov dari Rusia.

Tipe Updetis

Orang seperti ini kapanpun dan di manapun selalu update status facebooknya, di rumah, di sekolah, di kantor, di WC, di selokan, di atap rumah, di angkot, di bis, di terminal, di kuburan, always update.  Maklum, soalnya dia pake facebook mobile alias HP yang bisa facebookan itu tuh.  Statusnya tidak terlalu panjang tapi terlihat bikin risih, karena hal-hal yang tidak terlalu penting dipublikasikan.

Contohnya : “Lagi makan di Pizza Hut….”, “Breakfast @ Starbuck,” “Lunch @ warteg,” “Nunggu kapal pesiar lama amat sih ….., “Perjalanan menuju neraka jahaman..”, “Saatnya baca stensilan…,” “Huaaaaaah nguantuk, tidur aah …..,” dan sebagainya.

Tipe Melankolis

Tipe orang seperti ini selalu menghiasi dinding facebooknya dengan hal-hal yang berbau melankolis.  Ia selalu mencurahkan segala gejolak hatinya.  Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman-temannya atau hanya sekedar menuangkan unek-uneknya saja.  Biasanya orang tipe ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yang terbaik kepada yang lain.

Contohnya : “Kamu sakitin aku melebihi sakitnya ujung pedang ini ….. aku pergi, jangan pernah kau sesali…..”, “Hanya kamu yang bisa membuatku tersenyum , terima kasih atas segalanya cinta ….,” “Berharap kembali karena rasa itu masih ada ….,”

Tipe Ngeluhis

Orang ini mungkin satu-satunya orang yang tidak pernah bersyukur di dunia.  Pagi, siang, malam, ada saja yang dikeluhkannya.  Dunia sepertinya sudah tidak nyaman lagi bagi dia.  Kalau punya duit, mungkin dia bakal pindah ke planet lain, atau mungkin hijrah ke Planet Pluto.

Contohnya : “Fuiiih, Jakarta maceeet..!! Gerah pula cing..”, “Sialan ujan, padahal mau ketemu si doi.. sialan banget nih aer ujan….!!”, “Aku cape mikirin tingkahmu …..,” “Udah laper gak ada tukang makanan yang lewat, nyesel banget tinggal di komplek ini,” “Mercy sialan, AC nya mati, gerah banget jadinya …”

Tipe Narsis

Sesungguhnya mungkin beberapa dari mereka tidak bermaksud untuk menyombongkan diri.  Namun, terkadang orang yang melihatnya atau membacanya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalau statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel bel bel pokoknya.

Contohnya : “Asyik, Ultahku taon ini di Hawaii,”  “Otw 2 Paris ..!!”, “@ London alone …..,” “Harley ku sayang, saatnya kamu ganti oli yah,” “Duh, murah-murah banget yah belanja di Itali,” “Males tidur di rumah, nginep di Ritz Carlton aaah,” “Haah, papa mo kasih hadiah berlian,”

Tipe Puitis

Orang jenis ini tentulah orang-orang yang sangat menggandrungi kata-kata mutiara, doyan sastra, dan banyak sekali kumpulan sajak-sajaknya.  Karenanya, jangan heran kalau status di facebooknya penuh dengan kata-kata puitis yang sebagian besar orang tidak ngerti maksudnya.  Namun terkadang bisa membuat yang membacanya terharu dan empati.

Contohnya : “Aku berjalan lelah, ingin berhenti namun waktu terus mengejarku ….., ”Jika kau hidup seratus tahun lamanya.  Sungguh, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu,” ”Hadirnya seperti mentari yang menyinari bumi, dan rembulan yang menghiasi angkasa di malam hari,”

Tipe Englishis

Tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, narsis dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan mengatakannya dalam bahasa internasional alias bahasa Inggris.  Jadi, yaaah tipe seperti ini pasti fansnya artis yang sampai saat ini belum lancar berbahasa Indonesia, siapa lagi kalau bukan si Chinthua Lhaura ithcu …..

Contohnya : “Tie and Chair..”, “I can tooth, you Pink sun…”, Shit, u hurt my heart honey ….,” “Oh honey, if u wanna cry, u go ahead and cry, I’ll cry with u …,

Tipe Lebayis

Ini dia tipe yang sedang digandrungi saat ini. Updatenya selalu bertema “funky en gaul” dengan menggunakan bahasa dewa…. ejaan yang dilebaykan.  Selain lebay, tipe alay juga hampir mirip dengannya.

Contohnya : “Met moulnin all.. pagiiieh yg cewrah… xixiixi”, “DucH Gw4 5aYan9 b6t s4ma Lo..7aNgaN tin69aL!n akYu ya B3!bh..!!”, “km mugh kog gag pernach ngabwarin aq lagee seech? kmuw maseeh saiangs sama aq gag seech sebenernywa?”, “Ouh mY 9oD..!! kYknY4w c gW k3ReNz 48ee5h d3ch..!!.  (Selamat membaca ^_^)

Tipe Obsesis

Hampir mirip dengan tipe lebay, namun orang ini selalu hidup dalam angan dan segudang harapan. Berharap keajaiban menyapa dirinya tanpa harus cape-cape berusaha.  Keinginanya itu tidak berusaha untuk diwujudkan, karena terlalu asik berhalusinasi.

Contohnya : “Duh, sesi pemotretan lagi nih,” “Shit, banyak banget nih fans yang menggerubuti aq,” “Besok striping lagi, cape bo,” “Jalanan macet, padahal sejam lagi aq harus audisi nih …,”

Tipe Latenis

Tipe ini biasanya tidak to the point dalam menyampaikan maksud perasaannya.  Ia selalu membiaskan arti, sehingga hanya dia dan Tuhan saja yang tahu maksud dari tulisannya itu.

Contohnya : “I can’ t live without you..you are my bla bla bla..”, “kau telah membuat cerminku retak berserak, kesetiaanku hancur sudah …., “Heh, cewe kampret… ngapain lo deket-deketin cowo gw?! kyk yg ga laku aja lo..” (padahal cewe yang dimaki-makinya itu gak ada dalam jaringannya. . mana bisa baca yaah)

Tipe Misteriusis

Tipe ini biasanya membuat banyak orang bertanya-tanya atas apa maksud dari status orang ini. Biasanya dalam suatu kalimat yang baik dan benar berdasarkan ejaan yang disempurnakan (EYD) itu membutuhkan Subjek+Predikat+Objek+Keterangan. Tapi orang tipe ini sepertinya tak terlalu mengindahkannya, ia hanya mengambil satu unsur saja, sehingga tentu saja mengundang tanyabagi yang membacanya.

Contohnya : Sudahlah …..,” Aku lelah …..,”, “Terpesona ……,”, “Berharap itu ada, ……,” “Terlanjur sudah, …..,”

NB :

Tulisan di atas tidak bermaksud untuk menjudge salahsatu tipe orang, tapi hanya sekedar lucu-lucuan. Lagi pula, tidak ada yang baik dan juga buruk dari tipe-tipe tersebut, karena semuanya relatif, tergantung darimana mempersepsinya. Ok, peace ah ……

sumber : blog sebelah setelah di edit

~ by secangkirkopipagi on April 19, 2010.

One Response to “Mengenal Karakter Lewat Facebook”

  1. hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: