DAMN, I Luv Danbooru

sadada

BEBERAPA hari terakhir perhatian saya tersita bukan oleh hal-hal yang “berat” apalagi bikin panas hati dan telinga, bukan tentang kasus korupsi atau kelakuan bejat artis-selebritis, bukan pula oleh berita-berita heboh di lapangan hijau, namun oleh si robot kardus dari negeri sakura.

Damn, aku jatuh cinta sama danbo, si robot karbus yang mampu menyita perhatian dunia dengan karaktek lucu, unik, polos dan kesederhanaannya. Rasanya ingin sekali langsung membuatnya dengan menjiplak template yang mudah di unggah, namun rasa-rasanya malu juga karena lagi-lagi harus menjadi pengekor ide orang lain.

Saya sendiri melihat Danbo bukan sekedar boneka atau robot yang dibuat dari kertas kardus, namun semata sebuah mahakarya kreativitas tingkat tinggi dari seorang Azuma Kiyohiko dalam menciptakan satu karakter yang unik nan orisinil.

Namun kalau menilik negara asal si robot kardus ini berasal jadinya tidak mengherankan. Jepang memang gudangnya pencipta karakter kartun dan animasi, ini tentu menunjukkan kalau perkembangan teknologi dapat mendongkrak kreativitas dan inovasi masyarakat yang ada di dalamnya.

Namun ketika Jepang sudah “bosan” menciptakan karakter-karakter anima yang berteknologi super canggih bahkan hampir nyaris bisa menyerupai manusia dalam setiap gerak dan fungsinya, di sana pula lahir tokoh boneka atau robot yang sangat sangat sederhana.

Ini tentunya bisa menjadi motivasi sekaligus sindiran bagi saya yang tinggal di negara berkembang atau negara yang belum maju atau negara yang maju tidak mundur tidak, bahkan untuk menciptakan sebuah kreativitas tidak melulu membutuhkan piranti yang super canggih.

Karena hanya berbahan kardus, bahan yang setiap hari kasat mata hilir mudik di depan mata bisa di jelma menjadi sebuah maharkarya yang dahsyat. Damn, kenapa selalu orang matahari terbit itu yang selalu selangkah lebih dulu dari saya, yang selalu mampu menciptakan inovasi dan kreativitas tanpa batas, jangan-jangan karena sering makan ikan mentah! Entah …..

Firman Taqur/Pabuci/03/01/13

~ by secangkirkopipagi on January 3, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: