Malu Karena Sudah lama Tidak Menulis

IMG_9179Minggu lalu tergeletak sebuah amplop di atas meja kerja. Amplop dibuka dan isinya meminta saya untuk menjadi pemateri dalam pelatihan dan lomba menulis esai tingkat pelajar SMA di Kab. Cianjur. Sejenak tercenung, antara bangga dan bingung.

Esai? Apaan yah, gumam dalam hati. Kegalauan itu bukan karena tidak tahu apa itu Esai, lagipula tidak ada yang tidak tahu di dunia saat ini. Kalau memori pengetahuanku terbatas, bisa langsung bertanya ke mbah gugel. Karenanya, kegalauan ini lebih karena rasa malu; disuruh memberikan motivasi menulis kepada pelajar, sedangkan diri ini pun sudah lama tidak menulis, hadeuh.

Tapi tak apalah, toh pelajar-pelajar yang menjadi peserta itu tidak tahu. Berdramaturgi aja deh, seperti yang biasa dilakukan orang-orang kebanyakan. Namun tetap se-dramaturgi-nya, aku harus bisa mempertanggungjawabkan atas setiap kata, setiap kalimat bahkan setiap huruf yang terucap nantinya.

 * * *

 Saat itu tiba. Untungnya aku sudah terlatih berbicara di depan umum (nyombong boleh yah). Jadi, tak ada persiapan, yang ada aku ingin segera berdialog dengan mereka, para generasi bangsa ini yang insya Allah bebas narkoba dan seks bebas.

Lagipula ini, bukan kali pertama didapuk sebagai pemateri sebuah kegiatan semacam seminar atau diklat, hanya saja kali ini terasa lain karena ada kegairahan yang membuncah di dalam diri, kegairahan untuk kembali ingin menulis.

Karenanya, dua jam bercuap di hadapan puluhan pelajar, yang insya Allah semuanya nanti jadi presiden ini, sebenarnya adalah titah dan nasihat untuk diri sendiri. Aku harus kembali menulis. Bukan menulis berita sebagaimana 15 tahun yang aku lakukan ini, tapi menulis, menulis yang memang harus ditulis, menulis apapun itu, menulis kehidupan, menulis nasihat dan menulis asa dan harapan. Aku harus menulis lagi.

Sadewata, 14 Juni 2015

~ by secangkirkopipagi on June 14, 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: